Langsung ke konten utama

OBM (Orientasi Belajar Mahasiswa) UI

Hai! Seperti janji gue sebelumnya, kali ini gue akan menulis tentang OBM hehe. Sebelumnya, mau curcol dulu deh ya :)

Alhamdulillah, Ramadhan kali ini benar-benar spesial, karena Allah memberikan anugerah yang besar dengan mengizinkan gue menyandang status sebagai mahasiswi lebih cepat dibanding banyak pejuang lainnya. Kalau diingat-ingat lagi, rasanya masih tak percaya, masih seperti mimpi, dan masih ingat pula gimana teriak dan nangisnya gue saat baca pengumuman, sampai-sampai dikira orangtua gue depresi karena ngga diterima. Ternyata, Allah mengabulkan keinginan dan kebutuhan gue. Allah, maha Pengasih, maha Penyayang :')

Alhamdulillah rizki dari-Nya bertambah, pada saat pengumuman SBMPTN tanggal 16 Juni dan pengumuman mandiri lainnya. Melihat banyak teman-teman dekat gue yang berhasil rasanya diberi kebahagiaan yang tak terkira lagi. Iyap, menunggu pengumuman itu rasanya seperti tekanan batin ._.

Gue ngerasain gimana deg-degan nya. Tanggal 16 malam itu... Gue nangis bahagia karena akhirnya Allah menjawab doa gue... Teman-teman banyak yang berhasil :')
Tapi di sisi lain, rasanya mau nangis juga dengar kabar teman-teman yang belum lolos. Nyesek. Mungkin sampai sekarang ada yang sama sekali belum dapat kuliah. Seandainya gue yang ada di posisi itu, mungkin gue ngga bisa setegar mereka. Sampai sekarang pun campur aduk, entah harus senang atau sedih. Dengar curhatan mereka gue udah kehabisan kata-kata gimana cara bangkitin semangat mereka lagi :'(

Tenang saja ya kawan, bismillah, yang terbaik menurut kita belum tentu yang terbaik menurut-Nya, tapi yang terbaik dari-Nya selalu menjadi jalan terbaik sepanjang hidup kita :)

Setiap perkataan memang mudah diucapkan. Tapi melakukannya tak semudah itu...
Apalagi yang mengucapkan tidak merasakan langsung.
Iya. Gue tau.
Sedihnya pasti karena ngecewain orang-orang terdekat apalagi orangtua. Beban...
But show must go on guys...
Semakin sering kita jatuh maka semakin tinggi pula lompatannya.
Semua yang gagal pasti akan berusaha jauh lebih mati-matian karena tidak ingin gagal untuk yang kesekian kali.
Potensi sukses kita masih sama. Bahkan, mungkin kalian lebih...

Ini juga pelajaran buat gue supaya tidak menyia-nyiakan anugerah yang Allah kasih...
Gue sadar di luar sana banyak orang yang bilang "seengganya gue bisa dapet kuliah, Nin".
Baca pesan kaya gitu aja, hati gue mau hancur.
Di manapun, walaupun bukan impian mereka, untuk bisa kuliah aja udah cukup.

Merasa ketampar...
Gue bukan orang bersyukur kalau gue nanti males-malesan...
Terimakasih kawan, kalian menyadarkan gue :')
Gue akan selalu mendoakan yang terbaik untuk kalian...
SAMPAI BERJUMPA DI PUNCAK!

20-26 Juni 2014
Orientasi Belajar Mahasiswa
Universitas Indonesia


Oke, kalau sebelumnya gue yang baca blog orang apa itu OBM, sekarang biar ikutan gaul gue yang nulis aja haha, semoga bermanfaat buat teman-teman yang akan mengikuti OBM juga :)


Perlu diketahui bahwa OBM bukanlah ospek, melainkan seperti namanya, yakni sebagai pengenalan adaptasi cara belajar mahasiswa yang akan kita jalani di universitas nanti.

Penting ngga sih? Penting banget.
Wajib ikut? Wajiblah.
Emang apa konsekuensinya kalau ngga ikut? Guys, OBM ini adalah salah satu syarat agar kita dapat mengikuti suatu program yang disebut PPKPT (Program Pengembangan Kepribadian Pendidikan Tinggi) yang diselenggarakan pada semester 1 dan 2 dimana berisi matkul yang mencakup MPKT (Matakuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi), MPK Agama, MPK Bahasa Inggris, MPK Seni/Olahraga dan bernilai sekian SKS, kalau kalian ngga bisa mengambil MPKT, ya sama aja kalian akan sulit lulus kuliah dengan kurang banyak SKS dari PPKT saja. Jadi, kalau kita dinyatakan tidak lulus OBM, tentu saja kita harus mengikutinya lagi tahun depan bareng adik kelas.
Apa?! Emang bisa ga lulus?! Biasanya bobot kelulusan ini lebih menitikberatkan ke absensi namun tentu saja keaktifan dinilai, yang penting, ikuti kegiatan ini dan jangan sia-siakan kesempatannya! Seru lho! :)

Gue dapet kelompok G1-B. G1-B ini juga dibagi lagi menjadi beberapa kelas dan sepertinya dibagi menurut abjad nama dan jurusan semua mahasiswa supaya menyebar tidak dari 1 sekolah yang sama. Tapi gue sekelas sama Oktariani alumni SMAN 3 Depok juga yang berhasil masuk Ilmu Komunikasi. Mungkin karena N dan O berdekatan haha jadi beruntung bisa sekelas.

Urutan materi yang gue tuliskan ini berdasarkan hari, dari hari pertama sampai hari terakhir yang kelas gue dapetin. Jadi, urutan materi kalian bisa berbeda ya. Oh iya, sekadar memberitahu cara membaca ruangan, misalnya di bawah tertulis FIB 10305, itu artinya Fakultas Ilmu pengetahuan Budaya gedung 10 lantai 3 ruangan 5. FT S-303, artinya Fakultas Teknik gedung S lantai 3 ruangan 3. Tenang aja ngga akan kesasar. Yang penting jangan sampai salah jadwal dan jangan sampai ketinggalan maba lain, kalau ada barengan dari sekolah yang sama sih lebih baik janjian. Nah kalau ngga ada, aktif bertanya, juga jika terlambat.

Ini penampakan buku OBM! Gratis kok :p



Selamat membaca!

1. LS (Learning Skill) ~ FIB 10305

Yap! Hari pertama OBM! Dari rumah rasanya udah deg-degan karena takut terlambat, bakal masuk ke lingkungan baru, bakal ketemu temen baru, senior, dosen, dan lain-lain. Karena disuruh berkumpul ke balairung dulu untuk lihat jadwal (sebenernya sih sebelum hari H udah cari tau) akhirnya berangkat dari rumah sekitar jam 06.30. Sampai sana, setelah berkumpul semua, semua maba dikelompokkan berdasar gedung tempat kami diberikan materi, lalu jalan kaki menuju tempatnya. Haha untung hari pertama di FIB, masih cukup dekat dengan balairung :D

Sekitar jam 08.00 gue udah sampai di kelas dan mulai berkenalan dengan yang lain, itu juga malu-malu kucing. Lalu beberapa menit kemudian muncul 2 kakak senior yang bertugas sebagai fasilitator untuk materi LS ini, keduanya dari jurusan Psikologi dan kakaknya cantik hehe.

Makin deg-degan. Mau diapain ya ._. haha tapi sesuai cerita OBM yang udah gue baca sebelumnya memang tidak akan menakutkan seperti apa yang dikhawatirkan, memang ini pengenalan cara belajar saja. Pertama-tama, fasilitator memulai perkenalan lewat games yang cukup baik menjadi ice-breaker karena dari awal semua diem-dieman doang. Nah, gue bertemu sama dua orang yang namanya Nindya jugaaaa -_- hahaha Nindya Griselda Gitakusuma (Psikologi) dan Nindya Dwi Tamara (Sastra Arab). Perasaan dari TK sampe SMA ngga pernah ada yang namanya sama, sekarang kenapa jadi pasaran wkwk ._.

Oke, setelah games selesai, mulai masuk materi. Apa saja yang gue dapet dari LS? Learning Skill, sesuai namanya, gue diajarkan bagaimana cara belajar yang tepat untuk menjadi mahasiswa sukses.

Perbedaan cara belajar, yap, tentu saja. Di SMA kita masih mengandalkan yang namanya "teacher center" di mana guru menjadi pusat pemberi informasi dan secara dominan kita hanya duduk manis di belakang entah ada yang dengerin ada juga yang tidur. Tapi, sekarang gue harus belajar yang namanya "student center", artinya, kita tidak bisa mengandalkan dosen untuk mengajar kita secara penuh melainkan hanya sebagai fasilitator. Otomatis, kita yang harus aktif, mandiri, bermotivasi tinggi, mampu bekerja sama dalam kelompok maupun individual, dan pandai membagi waktu. Ada beberapa games yang dikerjakan secara berkelompok, dan kami juga diajak fasilitator untuk mengungkapkan pendapat. Intinya banyak disuruh ngomong. Haha.

Lalu, berpikir kritis. Yap, tidak begitu saja menerima atau menolak sesuatu, dan tidak begitu saja menerima apa yang ada.
Terus? Games lagi. Haha. Kami seperti diberikan suatu masalah yang ambigu, lalu kami berdiskusi dalam menjawab pertanyaan yang ada dalam masalah tersebut. Lalu kami juga diberikan suatu daftar yang berisi 10 pernyataan umum dalam kehidupan kita yang bisa dibilang ambigu juga, dan kami diskusikan apaka pernyataan tersebut benar, salah, atau bisa jadi (?).
Contohnya, pernyataan "berani karena benar".
Menurut kalian? Benar? Salah?
Ada berani jujur dan ada berani nyontek. Jadi apakah semua keberanian diawali dengan kebenaran? Nah lho jadi gimana? Berpikir kritis saja :)

Begitulah hari pertama! Senaaang dan membuka pikiran~

2. CL (Collaborative Learning) ~ FT S-303

Hari ini, ngga perlu ke balairung lagi tapi langsung ke fakultas yang dituju. Teknik! InsyaAllah tempat gue akan menimba ilmu hehe. Hari ini, bukan dengan senior. Tapi sama dosen. Waduh. Yaudahlah ya haha. Nah, yang jadi fasiltator kelas gue itu adalah dosen Vokasi Pariwisata dan dosen Sastra Indonesia. Pertama-tama, perkenalan lagi dan review materi LS kemaren. Disuruh ngomong lagi. Oke, buat gue yang dicap pendiem dan kalem ini sepertinya selama OBM jadi latihan dan pelajaran banget karena harus berani berbicara di depan umum. Dan entah kenapa dari kemaren gue merasa cukup bawel dibanding keseharian gue yang sebelumnya haha.

Apa sih CL? CL adalah suatu pembelajaran mengenai suatu hal yang dilakukan secara berkelompok. Pertama-tama kita dibagi ke dalam FG (Focus Group) dimana masing-masing kelompok FG membahas submateri tentang CL yang berbeda-beda. Di submateri tersebut, setiap anggota juga mendapat bagian materi masing-masing yang diputuskan secara berkelompok. Setelah belajar materinya, masing-masing dari kami harus saling menjelaskan ke teman sekelompok apa yang udah dipelajarin, dan terakhir mengisi borang penilaian di mana kita berlatih untu menilai teman sendiri. Jadi gantian gitu. Okeh gue asal cuap-cuap aja jelasinnya yang penting lancar, wkwk ngga asal juga sih. Alhamdulillah mereka bilang lumayan jelas ._. entah emang jelas apa ngga enak kalo mereka bilang ngga ngerti wkwkwk.

Setelah selesai pembahasan dalam FG, kami dibagi lagi ke dalam HG (Home Group). HG ini terdiri dari masing-masing perwakilan setiap FG. Kami semua seperti saling ditukar agar dalam HG tersebut terdiri dari berbagai submateri yang berbeda. Prosesnya sama seperti FG, namun gue harus menjelaskan semua submateri yang gue pelajari maupun yang teman gue jelaskan saat FG tadi. Pada akhirnya, kami semua sudah mendapat info tentang keseluruhan materi CL. Oh ya, saat FG dan HG, kita diberikan borang penilaian, untuk berlatih menilai teman sendiri.

Selanjutnya, kami ditugaskan fasilitator untuk membuat mind-map dalam sebuah karton yang besar tentang CL tersebut. Nah! Disini nih. Salah satu dosen nyamperin gue dan nanya apa bener gue yang tadi ngenalin diri sebagai anak SMAN 3 Depok. Yowes gue jawab iya. Ternyata dosen itu besok (22 Juni) jaga ujian SIMAK di Smanti ._. akhirnya gue malah diajak ngobrol terus pak dosen itu minta gue buatin denah lokasinya karena beliau ngga tau tempatnya.

Alhasiiiil, gara-gara gue ketinggalan bantuin temen-temen gue bikin mind-map nya, gue ditunjuk ketua kelompok, Prana Hakim Putra Batubara (Teknik Komputer) supaya gue yang presentasiin aja semua materi itu padahal sejujurnya belom paham banget -___- wkwk yaudah, mikir, udah mahasiswi, ga boleh takut lagi, harus siap kalo disuruh ujian atau presentasi mendadak kaya gini.
Yaudah deh, setelah Ishoma, dimulailah presentasi di dalam kelas. Gue kebagian maju nomor 3 diantara 5 orang yang maju. Enak lah ya tengah-tengah, bisa liat yang awal dulu dan ngga deg-degan terlalu lama juga wkwk. Tetep aja sih pas udah gilirannya gue deg-degan -_- wkwk akhirnya di depan ngomong seadanya aja lah yang gue pahamin haha. Jawab pertanyaan setelah presentasi juga seadanya. Apa juga seadanya ya gue hahaha :D

Ah akhirnya selesai. Dinilai deh sama temen-temen dan dosen. Merasa anta ._. yap, terakhir-terakhirnya dibacain nilai yang dikasih sama temen. Dan seperti urutan maju, nilai gue juga tengah-tengah diantara yang lain hahaha alhamdulillah. Eits, tapi setelah itu Dosen Sastra Indonesia menasihati kami semua yang barusan presentasi mulai dari pembawaan, bahasa tubuh, tata bahasa, dan masih banyak lagi wkwk kena banget di gue karena masih sulit berbicara secara sistematis ._. khusus gue sendiri, katanya gue kebanyakan ngomong "jadi" sedangkan "jadi" itu digunakan saat kesimpulan saja seharusnya. Malu ._. haha gapapa ah pengalaman, maaf dan terimakasih banyak ilmunya Pak! Lalu ada tambahan dan kesimpulan dari dosen yang satu lagi.

-Pulang dengan kelelahan (?)- :p

3. IL (Information Literacy) ~ FISIP H-402

Hari ketiga! Denger kata orang-orang ini lumayan seru karena bakal main ke perpus UI. Yap, semangat dari awal deh. Seperti biasa, perkenalan . Hari ini yang jadi fasilitatornya adalah 2 orang yang juga bekerja di perpus UI, sesuai bidangnya lah ya. Nah, hari ini cara perkenalannya beda. Awalnya kami disuruh kumpulin suatu barang yang paling disukai yang sedang dibawa. Semua orang kebingungan termasuk gue. Barang apaan?? Oh iya, gue baru inget gue bawa binder warna merah yang di depannya gue tempelin sticker MU yang ukurannya hampir sebesar telapak tangan gue, nah ini juga nih binder yang sempet gue sebut di posting sebelumnya saat gue mimpi. Wkwk masih heran gituan aja bisa kebawa mimpi.
Pasti punya gue paling nyolok, biarin dah daripada ngumpulin barang lain, karena pasti nanti disuruh jelasin kenapa gue bawa itu. Mulai deh fasilitatornya ambil suatu barang, yang punya dipanggil, suruh perkenalan, lalu ambil barang punya orang lain, berantai deh. Sampai akhirnya binder gue ditunjuk sama siapa ya lupa wkwk. Udah dah semua orang pada ngelirik mungkin ngga nyangka tampang kaya gue bisa gila bola. Pas gue bilang gue adalah penggemar berat Manchester United ettt langsung heboh pada nepokin. Malu kagak malu -_- gapapa lah bangga kok :')

Oke sangat ngga penting. Selanjutnya, kami mulai memasuki materi. Apa sih IL itu? IL adalah kemampuan seseorang untuk mengetahui informasi yang sesungguhnya dibutuhkan, menentukan kebenaran informasi tersebut, dan mengevaluasi serta menggunakan informasi  tersebut secara efektif. Kemudian dijelaskan mengenai berbagai informasi tentang perpustakaan UI. Cukup banyak hal penting yang harus diperhatikan. Setelah cukup lama, ada selingan dengan games lagi hehe. Lalu, kami mulai masuk pada kegiatan utama yaitu mencari harta karun (re: buku/CD) di perpustakaan UI secara berkelompok. Gue sekelompok dengan Nindya G.G, Nurul Annisa (Psikologi), Nisrina Assyifa (Ilmu Keperawatan), Nuzulian Akbar Arandana (Teknik Metalurgi dan Material) dan Prasetyo Pranandhy (Teknik Perkapalan). Awalnya kami dibagikan sebuah QR Barcode yang kemudian kami scan. Di dalamnya, ada petunjuk. Yang gue dapet seperti ini nih hehe.


Nah. Sebelum pergi ke perpus gue sempat searching di site Perpus UI dengan memasukkan keyword dan alhasil gue langsung nemuin judul skripsi seperti ini dan gue langsung yakin banget ini bukunya wkwkwk.



Oke, sesampainya di Perpus kelompok gue mencar jadi 3 kelompok. Gue sama Nindya G.G. nyari bukunya dan kebetulan kita sama-sama nyari di bagian skripsi. Di Perpus sendiri juga tersedia komputer di beberapa titik yang berfungsi untuk pencarian buku kalau-kalau dari HP sulit untuk searching. Setelah gue sama Nindya (aneh nyebut nama sendiri) udah yakin sama judul buku yang ditugasin masing-masing, kami mulai cari. Alhamdulillah tanpa kesulitan kami menemukannya. Punya gue ini :D



Lagi-lagi keberuntungan berpihak pada gue ._. di sisi lain, banyak banget temen yang belum berhasil nemuin harta karunnya. Rata-rata petunjuknya yang sulit dan cuma bisa diterka saja, sedangkan punya gue cukup jelas. Ada yang tetep nyari, ada yang nyerah wkwk cape juga sih dan memang sudah jam Ishoma. Setelah Ishoma, kami kembali ke FISIP dan di sana kami mulai membahas penemuan harta karun. Setiap orang melaporkan penemuannya. Senangnya, semua harta karun yang ditemuin kelompok gue benar!

Amazing and so delighted aaa what a great hardwork :D

4. LS ~ FIB 10305

LS lagi! Yey! Kurang lebih pelaksanaannya sama dengan hari sebelumnya, ada materi dan ada games. Hanya saja, LS kali ini membahas tentang komunikasi.

Yang sangat gue ingat dalam materi LS kali ini adalah perbedaan simpati (memiliki pandangan dan perasaan yang sama dengan orang lain), empati (memahami pandangan dan perasaan yang sama), apati (tidak peduli) dan antipati (memiliki pandangan dan perasaan yang berlawanan).
Lalu 3 karakter mahasiswa pada saat memberikan respon ketika bekerja sama dalam kelompok yang pada umumnya ditemui, yaitu submisif (tidak aktif), asertif (aktif dan menghargai pendapat orang lain), dan agresif (mendominasi dan tidak menghargai pendapat orang lain).

Nin Nin masih ga ngerti -__-
Entar laah pas LS aja biar seruu kan belajar bareng nanti biar ngerti :D

Terus ada business game gitu deh. Duh kocak -_- yah tapi ngga seru kalo diceritain disini entar pada tau, kalo games sih tunggu saat hari H aja ya :D

Makin hari kelompok OBM gue makin nyatu, dan hari ini juga kerasa banget kita makin kompak. Sebelum pulang, fasilitator mengarahkan kami untuk menulis kesan pesan tentang teman OBM satu per satu. Setelah itu kami berfoto riaaa~ ada di penutup yaa fotonya haha.

SERU BANGET!!!


5. PBL (Problem-Based Learning) ~ FT S-303
Wah! Udah hari ke-5 aja hehe. Fasilitator yang ada di PBL sama dengan CL. Pelaksanannya pun cukup mirip dengan CL namun tidak dibagi dalam FG dan HG, jadi juga dibagi dibagi dalam kelompok namun sekali saja. Apa sih PBL itu? PBL adalah metode belajar yang menggunakan masalah yang kompleks dan nyata untuk memicu pembelajaran sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru. 

Tidak jauh-jauh, kali masalah yang dijadikan sebagai pemicu juga tentang PBL. Yap, wajar CL-PBL seperti ini karena keduanya hanya simulasi bagaimana proses tersebut berjalan, untuk selanjutnya dapat kita terapkan dalam pengerjaan tugas kelompok saat perkuliahan.

Terus, sama. Diskusi. Ada borang. Buat mind-map. Presentasi. Persis banget ._. dan lagi-lagi hampir gue yang ditunjuk buat presentasi -_- kali ini gue ngga mau wkwk cukup sudah yang kemaren agak bala dan lebih baik kasih kesempatan yang lain buat maju kan *ngeles* akhirnya Nur Hidayat (Ilmu Komputer) yang presentasi karena dia bingung mau bantu apa pas buat mind-map wkwkwk ngga beda jauh kaya gue kemaren ._.
Kurang lebih juga sama seperti CL, ada presentasi, ada tanya jawab, ada penilaian yang maju presentasi, lalu ada tambahan dan kesimpulan oleh fasilitator.

Yey selesai.
Wkwk males amat buat kesan Nin ._.

6. IT-CML (Information Technology-Computer Mediated Learning) ~ ITTC B Perpustakaan Lama

Hari terakhir! Dan kabarnya paling santai + kakaknya seru-seru. Wah, iya, hari ini fasilitatornya adalah mahasiswa lagi. 1 fasilitator menjelaskan materi ini dan 3 lainnya sebagai asisten untuk membantu para peserta OBM jika kesulitan. Ada games dan ada materi juga hehe.

Buat gue sih apa aja yang berhubungan dengan komputer seru-seru aja haha. Terus kita bakal belajar apa aja di IT-CML? Di UI, kita harus punya kemampuan untuk menggunakan media yang berbasis teknologi modern, dalam hal ini dasarnya dari penggunaan komputer dan akses internet. Otomatis tidak bisa selamanya kita menggunakan handphone karena tidak semua situs dapat diakses dengan mudah lewat HP. Situs-situs yang berkaitan dengan perkuliahan di UI nanti bisa dibilang cukup rumit bagi orang awam sehingga kita perlu membiasakan diri menggunakan komputer atau sejenisnya.

Pertama-tama dijelaskan tentang proxy. Selanjutnya dari awal sampai akhir kami diperkenalkan dengan berbagai situs yang ada di UI berikut cara menggunakannya mulai dari akun identitas, website resmi, website perpustakaan, pendaftaran UI, SIAK NG, blog mahasiswa, jurnal ilmiahSCeLE, dan masih banyaaak lagi. Seru deh buat yang demen net-surfing mah haha.


6 HARI YANG BERKESAN BANGET BUAT GUE!
Alhamdulillah Ya Allah :')
Aaa tapi berpisah dengan teman-teman kelas OBM kok jadi sedih ya...

SELESAI~
Semoga bermanfaat!


Foto-foto abis LS~





Kesan dan pesan dari teman OBM nih hahaha love love love :3
Hmm. Memang sisi kalem sulit lepas dari diri gue wkwk.


Teruntuk mahasiswa UI dan universitas lainnya,

SEMOGA SUKSES ANGKATAN 2014!

Promise and prove that all of us will make a better future for this world!


Komentar